Bahasa pemrograman apa yang digunakan gojek bukalapak traveloka tokopedia

Aceh Review – Bahasa pemrograman apa yang digunakan gojek bukalapak traveloka tokopedia, ini sering sekali di tanyakan oleh beberapa orang yang bergelut di dunia it.

Bahasa pemrograman apa yang digunakan gojek bukalapak traveloka tokopedia

Inilah jawaban yang didapat dari beberapa forum yang di jawab resmi oleh pegawai gojek, traveloka, bukalapak dan tokopedia.

Pemrograman Bukalapak dan teknologi yang digunakan oleh bukalapak :

  1. Ruby. Bahasa paling awal yang kami gunakan. Paling banyak digunakan di monolit yang sedang kami pecah menjadi microservices. Kebanyakan menggunakan Rails, tapi beberapa microservices menggunakan Sinatra.
  2. Golang. Mayoritas microservice baru sekarang dikembangkan menggunakan bahasa ini, sudah ada ratusan microservices Golang hasil pecahan dari monolit di atas, atau hasil pengembangan produk-produk baru.
  3. Java. Kebanyakan digunakan untuk microservices yang terintegrasi dengan sistem-sistem yang hidup di ekosistem JVM, seperti misalnya Elastic, Cassandra, atau Kafka. Banyak digunakan untuk sistem pemrosesan data skala masif.
  4. Elixir. Ini sepertinya bahasa yang paling tidak biasa di daftar ini. Kami mungkin pengguna Elixir terbesar di Asia Tenggara, dimana kami mengembangkan sistem chat sendiri untuk jutaan pengguna Bukalapak dengan menggunakan Elixir.
  5. Javascript. Selain untuk client-side web, banyak microservice frontend kami yang dikembangkan menggunakan Javascript. Mayoritas tim di Bukalapak menggunakan Vue.js.
  6. Python. Kebanyakan digunakan di tim Data dan AI, untuk membangun berbagai model intelejensia buatan serta data pipeline antara data warehouse dengan berbagai data mart di Bukalapak.
  7. C/C++. Terutama digunakan oleh tim IoT R&D, tapi beberapa tim AI juga menggunakan bahasa ini untuk pemrograman GPU untuk akselerasi model-model AI mereka.

Teknologi / framework yang di gunakan Traveloka

  1. Frontend Web di Traveloka menggunakan Javascript, dengan NodeJS sebagai server untuk Frontend (yang terpisah dengan Backend yang menggunakan Java)
  2. framework sendiri Traveloka mengembangkan framework sendiri
  3. Traveloka menggunakan Google Closure Compiler (GCC) dengan sistem navigasi yang dikembangkan sendiri untuk dapat menghasilkan web aplikasi halaman tunggal (Single Page Application, SPA).
  4. Hybrid Single Page Application

Teknologi /Framework yang di gunakan Gojek

Untuk Gojek memiliki tiga bahasa, Golang, Ruby, dan Kotlin. Untuk Ruby pasti RoR, untuk Golang harusnya tidak pakai framework karena native golang sudah bagus kok, untuk Kotlin juga tidak perlu framework harusnya.

Untuk Tokopedia teknologi/Framewrok yang digunakan

python, javascript untuk framework sampai sekarang aceh review belum tahu

Itulah beberapa vitur, teknologi dan framework yang digunakan oleh startup Indonesia yang sudah mendunia, kira-kira kalau anda mau membuat startup mau pake teknologi dan framework apa ya ?

Happy Coding…